5 Tips ampuh memulai bisnis kuliner

Setelah Anda membaca artikel sebelumnya tentang bisnis ukm yang sedang trend saat ini Dari kesekian banyak bisnis yang ada di pasaran, bisnis kuliner tentunya memiliki peminat yang cukup tinggi. Bisa dilihat dari banyaknya pertumbuhan yang pesat bermunculan dimana-mana di sekitar kita. Disamping makanan yang merupakan kebutuhan pokok manusia, tentunya juga termasuk bisnis yang tidak ada matinya.

tips ampuh memulai bisnis kuliner


Tetapi tidak mudah juga memulai menjalankannya bisnis kuliner dari nol. Karena harus dibutuhkan persiapan yang matang dan selalu konsisten. Beberapa hal yang harus di persiapkan untuk memulai bisnis kuliner yang baik. Sehingga langkah yang akan dijalani semakin lebih mudah. Mari ita simak beberapa hal memulai bisnis kuliner berikut ini untuk di persiapkan.

1. Mempunyai konsep yang matang


Di semua bisnis apapun, tentunya harus memiliki sebuah konsep yang benar-benar matang. Karena konsep yang matang tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri dalam sebuah bisnis. Juga tidak terkecuali dalam berbisnis kuliner, justru dalam bisnis ini sangat memerlukan konsep yang matang untuk mempunyai nilai plus tersendiri di mata konsumen.

Maka dari itu sebelum Anda memulai berbisnis kuliner, tentunya sangat di sarankan membuat sebuah konsep bisnis kuliner yang semenarik mungkin dan berbeda dengan yang lain untuk menarik perhatian konsumen. Buatlah konsep yang membuat orang penasaran dan bertanya-tanya tentang  produk apa yang  Anda jual. Dengan konsep tersebut akan sangat mudah sekali untuk menjaring konsumen masuk dan mencicipi produk yang Anda jual. Mungkin Anda juga pernah mendengar nama makanan atau tempat makan yang asing dan nyleneh di sekitar Anda. Tetapi trik tersebut juga sudah terbukti membuat konsumen penasaran untuk mencicipi menu yang di tawarkan tersebut.

2. mempunyai menu andalan


Selain konsep yang sudah Anda punyai, tentu saja juga harus mempunyai menu andalan yang akan Anda jual. Karena menu andalan ini adalah pokok dari keistimewaan yang akan di sajikan. Pastinya Anda juga sering mendengar atau mampir di tempat makan yang memiliki menu andalan. Walaupun tempat makan tersebut tidak memiliki tempat strategis, tetapi selalu di datangi konsumen karena menu andalan yang ingin di nikmati para konsumen.

Persiapkan menu andalan yang akan Anda jual. Buatlah semaksimal mungkin menu andalan tersebut agar di sukai banyak orang. Kalau perlu coba untuk membuat percobaan untuk di hidangkan ke teman atau orang-orang sekitar untuk menikmatinya. Dengarlah respon mereka setelah menikmati hidangan Anda. Apa saja yang kurang dan perlu di perbaiki agar semakin lebih baik nantinya menu andalan yang akan Anda jual.

3. Menentukan target pasar


Setelah Anda mempunyai konsep yang menari ditambah menu andalan yang sudah Anda persiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar yang akan Anda tuju. Kita ketahui memang target pasar di dunia kuliner memang sangat luas, tetapi jika Anda menentukan target pasar secara spesifik maka akan dengan mudah Anda menentukan tujuan selanjutnya. Misalkan Anda mempunyai target pasar di kalangan mahasiswa, maka langkah selanjutnya adalah membuka tempat makan di sekitar kampus, mempunyai harga yang terjangkau dan fasilitas lain (seperti wifi gratis) yang mendukung agar para mahasiswa mau datang dan menjadi pelanggan di tempat Anda.

4. lokasi yang strategis dan nyaman


Tentunya point ini yang memang mempunyai nilai yang lebih dalam tips bisnis kuliner. Lokasi yang strategis memang harus Anda perhatikan. Dibawah ini ada Beberapa point penting yang perlu Anda perhatikan
  • Letak lokasi dan akses jalan yang mudah
  • Lahan parkir yang memadai
  • Mempunyai lingkungan yang nyaman.
Kalau Anda sudah mempunyai lokasi yang memenuhi kriteria seperti diatas pastinya akan sangat baik sekali. Tetapi juga tidak harus sesuai dengan semua point yang di jelaskan di atas tersebut, untuk membuka bisnis kuliner.

5. Maksimalkan promosi di media social


Kita ketahui sekarang ini banyak orang sudah mempunyai akun di jejaring social. Manfaatkan jejaring social seperti facebook, twitter, dan google plus tersebut untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda. Dengan mengupload foto-foto makanan andalan dan men-share foto tersebut maka akan menarik banyak orang untuk mau mencicipi kuliner yang Anda tawarkan.
This Is The Newest Post
Facebook CommentsShowHide
Powered by Blogger.

Text Widget